[Info] Pengajar Rumah Sahabat

Standar

Daftar Pengajar Rumah Sahabat 2011 (RuSa)

Pengajaran di Yayasan Nurul Yakin

Panti Asuhan Anak Tarbiyatul Yatama

Rumah Sahabat atau yang biasa disingkat RUSA merupakan salah satu program Paguyuban KSE IPB yang didanai oleh PT PGN yang menyediakan sarana pendidikan bagi anak-anak TK, SD, SMP dan SMA/SMK, serta anak-anak penjual asongan di sekitar kampus IPB. Menyediakan sarana pendidikan bagi anak-anak TK, SD, SMP dan SMA/SMK yang kurang mampu. RUSA aktif melakukan kegiatan di Yasayan Nurul Yakin Panti Asuhan Anak Tarbiyatul Yatama. Kegiatan yang dilakukan di Yayasan tersebut adalah pengajaran materi sekolah, dimana anak-anak mengalami kesulitan dalam belajar. Awal kegiatan dilakukan pada hari Rabu, tanggal 9 Maret 2011 dan kegiatan ini rutin dilakukan pada hari Rabu dan Minggu sore (pukul 15.00-17.30). Pengajar dalam kegiatan ini terbuka untuk mahasiswa penerima Beasiswa KSE IPB yang berkomitmen menjadi pengajar di RUSA. Pengajar yang mendaftar berjumlah 21 orang, sedangkan jumlah anak di Yayasan Nurul Yakin 41 orang dengan tingkat pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) 1 orang, Sekolah Dasar (SD) 25 orang, Sekolah Menengah Pertama (SMP) 9 orang dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 6 orang. Dua kali pertemuan dalam seminggu dipegang oleh penanggung jawab (PJ) untuk mengkoordinasi pemberangkatan pengajar ke yayasan dan materi yang akan disampaikan oleh pengajar.

Pengajaran ini diharapkan membantu anak-anak Yayasan dalam kesulitan belajar di sekolah, menanamkan semangat kepada mereka untuk meraih cita-cita dan berakhlak mulia. Pengajaran diselingi dengan permainan dan kompetisi. Hal ini diharapkan anak-anak tidak bosan dan semangat dalam belajar. Kegiatan belajar mengajar di bagi menjadi kelompok kecil yang sebelumnya dibuka oleh pembawa acara dilanjutkan doa bersama yang dipimpin oleh salah satu anak-anak Yayasan. Pembagian kelompok kecil berdasarkan jumlah pengajar dan kelas.

Beberapa Tim pengajar RUSA berasal dari Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia sehingga dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat di perkuliahan ke anak-anak Yayasan Nurul Yakin. Serta tim pengajar RUSA menjalin hubungan dengan tim pengajar dari kegiatan lain seperti I Love Sains (ILS) dan Perhimpunan Mahasiswa Perduli (PMP) Balumbang Jaya. Hal ini ditunjukkan dengan mahasiswa penerima Beasiswa KSE IPB yang mengikuti ILS untuk berpartisipasi sebagai pengajar di RUSA dan membekali pengajar RUSA yang lain dengan metode ILS dalam mengajar. Tim pengajar RUSA mendapatkan undangan dari PMP Balumbang Jaya dalam acaranya, dengan tujuan menambah wawasan pengajar dalam dunia pendidikan dengan tema “Mengajar dan Memahami Anak dengan Hati” pemateri dari Sekolah Guru Ekselensia. Dalam acara ini tim pengajar RUSA mendapatkan materi mengenai pengajaran yang menyenangkan sehingga anak-anak memusatkan penuh pada pembelajaran.

Setiap hari Jumat sore (pukul 17.00-18.00) tim pengajar RUSA mengadakan rapat untuk mengevaluasi kegiatan dalam seminggu dan merencanakan kegiatan seminggu yang akan datang. Hal ini untuk memperbaiki kekurangan dalam seminggu dan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam seminggu kemudian dengan menerima masukan-masukan dari anggota tim pengajar lainnya. Selain itu kumpul tim pengajar diharapkan mempererat kerjasama dan ukhuwah serta memotivasi untuk lebih baik. “Karena pengajar adalah tombak perubahan.”

Tertanda,

Ketua Rumah Sahabat (RUSA)

Denis Mudlofar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s