Press Release I Love Sains “ILS”

Standar

PRESS RELEASE

Tempat                        : OCBC Tower, Kuningan-Jakarta

Tanggal, Waktu           : 29 Desember 2010, Jam 09.00-11.30 WIB

Presenter                     : Bu Lanny Goenawi

Materi                          : bisa didownload di sini.

 

“Menjadi sesuatu yang berkembang dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar”. Itulah hal yang ingin disampaikan oleh pihak Bank OCBC NISP dalam menjalankan program ILS ini. Menganalisa kebutuhan lingkungan sekitar dan memberikan solusi atas kebutuhan tersebut. Dengan memfokuskan pada program pendidikan, Bank OCBC mengajak 20 orang (kini 30 orang) mahasiswa IPB dan UI yang terpilih untuk mengabdikan ilmu yang dipelajarinya dari bimbingan NISP dan Prof. Yohannes Surya (Surya Institut).

Program ini dijalankan selama 1 tahun kedepan yang terdiri dari tahap Pembinaan, Pelatihan, dan Pengajaran. Tahap Pembinaan dari NISP dilakukan mulai tanggal 16-19 Februari 2011. Pelatihan dari Prof. Yohannes Surya (SI) dilakukan selama tiga bulan (2x/bulan). Sedangkan masa program dibagi menjadi tiga-empat bacht yang masing-masing bacthnya, terdiri dari tiga bulan. Sehingga selama satu tahun masa program terdiri dari empat bacth. Disetiap bachtnya akan dilakukan pengajaran ditempat yang sama dan dengan jumlah siswa yang sama, namun dengan level pengajaran yang berbeda yang semakin meningkat. Ilmu yang diterima selama masa pelatihan dengan Prof. Yohannes Surya dapat dikembangkan setelah program ini terselesaikan sesuai dengan kontrak. Begitupun juga dengan modul pengajaran yang diberikan oleh Prof. Yohannes surya, dapat diajarkan kembali, jika pengajar bimbel ingin mengembangkan materi tersebut. Namun, jika ingin memodifikasinya, hal tersebut bisa langsung dikonsultasikan dengan Prof. Yohannes Surya selaku orang yang membuat modulnya.

Sebelum masuk tahap wawancara oleh pihak NISP, setiap mahasiswa diberikan tugas membuat suatu analisis yang mereka sebut “NEEDS ANLYSIS”. Analisis ini dilakukan terhadap lingkungan masyarakat di sekitar kantor OCBC berada yaitu yang disekitar JABODETABEK, dapat pilih tempat mana saja yang penting kantor cabang OCBC NISP.

Berikut adalah alur penugasan “Need Analysis”:

1.      Tugas ini dilakukan sendiri. Arinya sesama peserta calon pengajar bimbel, tidak boleh mengerjakan secara bersama-sama dalam membuat analisis. Namun, jika butuh bantuan, bisa mengikutsertakan teman atau partner diluar peserta calon pengajar bimbel. Daerah survei sekitar radius 200 meter dari kantor cabang Bank NISP.

2.      Tugas ini dikumpulkan pada saat wawancara yang akan dilakukan mulai tanggal 6-7 Januari 2010. Hasil survey dituliskan secara ringkas dan padat pada selembar kertas atau jika tidak cukup bias lebih dari satu lembar dan dapat disajikan melalui presentasi powerpoint (ppt) agar lebih mudah dalam menjelaskan.

3.      Berikan penilaian terhadap kondisi kantor cabang NISP, bagaimana cara kantor tersebut berdiri, kondisi bangunan sekitarnya, juga seberapa jauh dengan pemukiman terdekat.

4.      Scanning kondisi masyarakat yang ada dengan membangun jaringan kerjasama dengan RT, RW, dan Kelurahan setempat untuk melakukan survei tersebut.

5.      Fokuskan masyarakat yang diteliti menjadi masyarakat tingkat sekolah dasar, dengan terlebih dahulu menganalisis keadaan demografi.

6.      Cek kondisi anak-anaknya. Sekolahnya ada berapa saja. Ada sekolah apa saja disana? Keterjangkauan sekolah dari bank. Sekolah mana yang memiliki murid terbanyak. Kelas mana yang memiliki murid terbanyak. Kebutuhan anak2 tersebut apa saja?Bagaimana kesukaan mereka terhadap matematika dan fisika?

7.      Buat analisis sederhana apa saja yang harus dilakukan terhadap kebutuhan anak-anak tersebut

8.      Perlu di ingat, dalam melakukan survey ini tidak diperkenankan bertanya kepada pegawai kantor NISP, juga mengenai alasan melakukan survey (seperti memberi tahu bahwa kita dari IPB bekerja sama dengan NISP akan membuat program bimbel ini). Tentu sebagai mahasiswa kita telah cukup paham mekanisme seperti ini.

 

 

Dan akhirnya, setelah melewati seleksi dari pihak NISP (Ibu Lanny dkk), yang meliputi pemaparan hasil analisis, bagaimana peran kita dan apa yang dapat kita lakukan dalam kondisi tersebut, kemudian dilanjutkan dengan wawancara ringan terkait komitmen terhadap program ini, telah terpilih 15 orang mahasiswa IPB dan 6 orang mahasiswa UI. Selanjutnya mereka akan mengikuti program pembinaan awal oleh pihak NISP mulai tanggal 16-19 Februari 2011 yang bertempat di OCBC Tower Kuningan-Jakarta. (abs-knv)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s