Press Release Gathering Paguyuban KSE IPB Jilid II

Bersama Lestarikan Lingkungan dan Budaya


Acara gathering merupakan agenda triwulan Paguyuban KSE IPB, dengan adanya acara ini diharapkan penerima beasiswa KSE IPB dapat saling mengenal sehingga dapat meningkatkan sharing, networking, dan developing. Hal ini sesuai dengan motto KSE pusat.  Setelah Gathering Jilid I Paguyuban KSE IPB dilaksanakan di indoor yaitu Koridor Fakultas Teknik Pertanian, pada hari Minggu tanggal 8 Mei 2011 Gathering Jilid II Paguyuban KSE IPB dilaksanakan dengan suasana baru dan lebih aktif. Suasana baru yang diusung yaitu pelaksanaan gathering di outdoor, di Lapangan Rektorat. Sedangkan keaktifan dengan aksi bersih dan permainan tradisional yang melibatkan seluruh penerima beasiswa KSE IPB sebagai peserta. Peserta dibentuk dari gabungan antar dua kebun yang ditentukan oleh panitia berdasarkan jumlah anggota perkebun.

Kegiatan aksi bersih di sekitar kampus IPB dan permainan tradisional sesuai dengan tema yang diangkat panitia yaitu “Bersama Melestarikan Lingkungan dan Budaya”. Sebagai mahasiswa kita harus mencintai dan memiliki kesadaran akan kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Kelestarian lingkungan merupakan tugas kita bersama bukan hanya petugas kebersihan. Mahasiswa sebagai penerus bangsa berkewajiban menjaga kelestarian budaya. Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, salah satu budaya yang patut dilestarikan adalah permainan tradisional. Perkembangan jaman telah mengikis permainan tradisional dimana anak-anak jaman sekarang lebih sering bermain play station atau game online yang akan menumbuhkan sifat individualisme sehingga anak-anak kurang berinteraksi dengan orang lain. Tetapi berbeda dengan permaian tradisional yang membutuhkan interaksi dengan teman sebaya dan rasa gotong royong serta kekompakan.

Panitia telah mempersiapkan gathering ini satu bulan sebelumnya yaitu dengan membentuk kepanitiaan yang solid, menentukan tempat pelaksanaan gathering, serta meng-create acara semenarik mungkin. Pengelompokan dibentuk dari gabungan dua kebun, dimana setiap kelompok memiliki penanggung jawab (PJ) untuk mengkoordinir mereka. Sebelum gathering setiap kelompok berkumpul dengan PJ untuk mendiskusikan penugasan yang harus mereka bawa saat gathering berupa alat-alat kebersihan dan kebutuhan pribadi seperti sarapan, minuman, alat tulis, buku bacaan anak, serta obat pribadi. Setiap kelompok harus kompak yaitu ditunjukkan dengan kostum yang akan mereka kenakan saat acara gathering. Kekompakan juga dinilai dari permainan tradisional yang diadakan yaitu tarik tambang, dan balap karung. Kreativitas kelompok dinilai dari yel-yel dan jargon yang mereka buat.

Aksi bersih dibagi beberapa tempat dan setiap tempat memiliki koodinator lapangan untuk mengarahkan setiap kelompok. Setelah selesai aksi bersih para peserta beristirahat dengan dibagikannya makanan oleh panitia dan mempersiapkan untuk lomba permainan tradisional antar kelompok. Setelah melalui beberapa pertandingan didapatkanlah sang juara yang akan melawan pengurus Paguyuban KSE IPB beserta alumni. Tetapi sang juara terlalu kuat untuk dikalahkan oleh pengurus dan alumni.

Dalam gathering kali ini ada beberapa informasi yang disampaikan paguyuban KSE IPB yaitu mengenai perpanjangan beasiswa KSE dan pembukaan baru pengajar Rumah Sahabat (RUSA). RUSA memiliki program baru yaitu bimbingan belajar anak Sekolah Dasar (SD) di sekitar sekret RUSA yang beralamatkan di Jalan Babakan Raya 4 No. 154 Rt 03/07 Kampus IPB Dramaga. Selain bimbingan belajar RUSA juga mendirikan taman bacaan anak di sekret RUSA. Buku-buku yang ada dari penerima beasiswa KSE IPB,  setiap orang saat gathering mengumpulkan minimal satu buku. Acara penutup yaitu penyerahan award bagi kelompok yang memenangkan permainan tradisional, kelompok terkompak, pengajar teladan RUSA saat mengajar di Yayasan tarbiyatul Yatama, serta pengajar ILS mahasiswa IPB terbaik. Dengan acara gathering Jilid II dapat meningkatkan ukhuwah antar penerima beasiswa KSE IPB dengan beragam adat, budaya dan agama. Serta menumbuhkan kesadaran pelestarian lingkungan dan budaya yang merupakan kewajiban kita bersama. “Karena lingkungan dan budaya merupakan warisan berharga untuk anak cucu kita.”

Tertanda,

Ketua Gathering Jilid II

Paguyuban KSE IPB

Rima Febria

 

 

About these ads

Posted on May 17, 2011, in INFO PAGUYUBAN and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: